Contoh Makalah Olahraga Futsal

Sejarah Futsal

Futsal merupakan permainan bola yang terdiri dari dua tim dengan masing-masing anggota tim terdiri dari 5 pemain utama dan maksimal 7 orang pemain cadangan. Futsal sendiri telah diciptakan sejak tahun 1930 oleh JUAN CARLOS CERIANI di Uruguay. Hingga saat ini olahraga futsal berkembang sangat pesat bahkan telah menjadi bagian dari FIFA (Fédération Internationale de Football Association) sejak tahun 1989. Pusat futsal dunia berada di Brasil. Ini terjadi bukan dengan tiba-tiba tetapi karena beberapa kali Brasil menjadi juara dalam pertandingan futsal Internasional. Selain itu beberapa pemain bola terkenal yang berasal dari Brasil juga mengembangkan tehnik bermain bolanya dari lapangan futsal.


Pada tahun 1965 diadakan pertandingan futsal tingkat Amerika Selatan yang pertama kalinya dan Paraguay menjadi juara saat itu, namun pada  enam pertandingan berikutnya, Brasil berhasil menjuarai pertandingan futsal tingkat Amerika Selatan tersebut.


Sedangkan pertandingan futsal tingkat internasional pertama kali diadakan pada tahun 1985 dan diselenggarakan di California. Sebelumnya pada tahun 1982 telah diadakan kejuaraan dunia footsal di Brasil dengan bantuan FIFUSA dan Brasil berhasil menjadi juara. Brasil juga berhasil menjadi juara kembali pada kejuaran dunia futsal ke dua yang diselenggarakan di Spanyol pada tahun 1985. Sedangkan pada kejuaraan dunia futsal ketiga yang diadakan di Australia pada tahun 1988 dimenangkana oleh Paraguay. Setelah kejuaraan dunia futsal yang ketiga ini, futsal akhirnya masuk menjadi bagian FIFA sehingga semua pertandingan yang diadakan berada di bawah pengawasan FIFA.

Sumber, carapedia.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews